Tugu Nol Kilometer Aceh 7 travels-indonesia com
Aceh Pariwisata Indonesia

Mengunjungi Obyek Wisata Tugu Nol Kilometer Aceh

Tempat wisata alam menarik dan romantis tugu nol kilometer aceh indonesia

Tugu Nol Kilometer Aceh 1 travels-indonesia com
Tugu Nol Kilometer Aceh 1 travels-indonesia com

Aceh ternyata memiliki banyak sekali objek wisata yang menawarkan sejuta keindahan. Mulai dari pantai, danau, pegunungan, air terjun, dan masih banyak wisata lain yang belu terjamah. Namun, ada 1 obyek wisata di Aceh ayng wajib anda kunjungi ketika berada di Aceh yaitu wisata tugu nol kilometer Aceh. Tugu nol kilometer ini sendiri dijuluki dengan monumen kilometer nol dimana berfungsi untuk penanda geografis. Di Indonesia ada 2 daerah yang memiliki tugu nol kilometer, tepatnya di Sabang dan Merauke. Selain sebagai penanda seberapa jauh ujung barat Indonesia, juga dimanfaatkan sebagai obyek wisata oleh masyarakat sekitar.

Tugu Nol Kilometer Aceh 2 travels-indonesia com
Tugu Nol Kilometer Aceh 2 travels-indonesia com

Wisata tugu nol kilometer Aceh itu sendiri memiliki tinggi sekitar 22,5 meter dan memiliki bentuk lingkaran berjeruji. Tugu Nol kilometer berada pada Garis Lintang 05°54’ 21.42” LU dan Garis Bujur 95°Tugu nol kilometer Aceh diresmikan oleh wakil presiden yaitu Bapak Tri Sutrisno waktu itu tepatnya pada tahun 1997. Tugu nol kilometer Aceh merupakan monumen yang sangat berharga yang dimiliki oleh negara Indonesia, jadi kita sebagai warga Indonesia harus turut serta menjaga keutuhan tugu tersebut. Saat ini banyak sekali tangan-tangan yang tidak bertanggugjawab yang biasanya merusak seperti mencorat-coret tugu yang nantinya menimbulkan ketidak indahan pada tugu tersebut. Maka dari itu sebaiknya kita sebagai pengunjung lebih bisa menjaga keindahan dan keawetan tugu nol kilometer, agar nantinya anak cucu kita bisa merasakan juga.

 

Fakta Menarik dari Wisata Tugu Nol Kilometer Aceh

Tugu Nol Kilometer Aceh 5 travels-indonesia com
Tugu Nol Kilometer Aceh 5 travels-indonesia com

Bagi para pengujung tugu nol kilometer Aceh, atau bagi mereka yang belum pernah sama sekali mengunjungi obyek wisata ini, maka ada beberapa fakta menarik terkait dengan obyek wisata tugu nol kilometer Aceh. Berikut adalah Fakta dari wisata tugu nol kilomter Aceh:

  • Fakta pertama dari obyek wisata tugu nol kilometer Aceh adalah pada bagian badan tugu dicat dengan warna putih dan bagian atas tugu menyempit seperti mata pada bor.
  • Pada puncak tugu juga terdapat patung garuda dengan menggenggam sebuah angka nol
  • Bagi para pengunjung yang datang akan diberikan sertifikat oleh pihak dinas perhubungan sebagai tanda bahwa anda pernah berkunjung ke tugu nol kilometer Aceh. Untuk mendapatkan sertifikat maka pengunjung diharuskan membayar biaya administrasi yang ada.
  • Pada lantai pertama tugu terdapat sebuah pilar yang menandai bahwa peresmian tugu nol kilometer ini ditandatangani oleh wakil presiden waktu itu

 

Menuju Wisata Tugu Nol Kilometer Aceh

Tugu Nol Kilometer Aceh 7 travels-indonesia com
Tugu Nol Kilometer Aceh 7 travels-indonesia com

Bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara jika ingin mengunjungi wisata tugu nol kilometer Aceh, para pengunjung bisa datang dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, setelah itu para pengunjung bisa menyebrang menggunakan Kapal Ekspress Rondo, perjalanan menggunakan kapal ini memakan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Sesampainya di Sabang, para pengunjung bisa melakukan perjalanan selama 1 jam untuk bisa sampai ke tempat tujuan wisata yaitu tugu nol kilometer Aceh. Tidak ada salahnya jika para wisatawan yang sedang berwisata di Aceh dan mengunjungi obyek wisata menarik yang satu ini. Yang pasti dalam mengunjungi salah satu obyek wisata adalah tidak merusak apa yang ada di obyek wisata tersebut, sehingga keindahan dari obyek wisata akan tetap terjaga. Apalagi ini merupakan obyek wisata yang sangat berperan untuk Indonesia, maka sebagai pengunjung harus bijak saat melakukan kunjungan ke obyek wisata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.